7 Pantai Eksotik dan Tersembunyi di Bali Selatan, Sudah ke Sini?

Pantai indah di balik tebing

Kalau bicara pantai di Bali, tentu kamu gak akan asing dengan Kuta, Nusa Dua, Sanur, Lovina, dan Seminyak. Selain pantai tersebut, apakah kamu tahu masih banyak lagi pantai di Bali yang gak kalah indah?

Kali ini, mari kita bahas pantai di Bali Selatan yang memiliki karakteristik pantai pasir putih yang dikelilingi tebing tinggi.

1. Pantai Gunung Payung

Pantai Gunung Payung berlokasi di Desa Kutuh dan lokasinya cukup tersembunyi. Pantai ini dapat diakses dengan menuruni anak tangga yang cukup banyak. Kamu bisa berenang di sekitar pantai, asal tidak terlalu jauh dari bibir pantai.

Tidak banyak tempat makan, bahkan vila di sekitar pantai, tapi fasilitas di sana sudah memadai. Pantai pasir putihnya sangat cantik, terutama ketika matahari terbenam.

2. Pantai Labuan Sait

Dikenal dengan nama Pantai Padang, lokasinya berada di Desa Pecatu. Pantai ini mulai dikenal wisatawan lokal maupun mancanegara sejak beberapa tahun terakhir, karena keindahannya.

Hal itu dikarenakan kawasan pantai pernah menjadi lokasi syuting film Eat Pray Love dan syuting lagu Someday oleh Michael Learn To Rock. Pantai ini dikelilingi tebing karang dan memiliki pasir berwarna putih. Pantai Labuan Sait biasanya dimanfaatkan wisatawan untuk berselancar.

 3. Pantai Balangan

Memiliki ombak yang kencang, Pantai Balangan cukup berbahaya jika kamu ingin berenang. Pantai ini lebih direkomendasikan bagi kamu yang menyukai olahraga selancar. Pantai Balangan berada di bukit Ungasan yang memiliki garis pantai yang cukup panjang.

Lokasi tersebut membuatmu harus menuruni anak-anak tangga untuk sampai ke wilayah pantai berpasir putih dan halus. Lokasi pantai Balangan yang kece biasanya digunakan untuk foto pre wedding.

 4. Pantai Pandawa

Tidak seperti sekarang, Pandawa dulunya tersembunyi. Sebelum ada akses yang memadai seperti sekarang, pantai ini lebih dikenal dengan nama Pantai Putuh.

Nama tersebut diambil karena lokasinya yang berada di Desa Putuh. Pantai ini menawarkan pesona pantai pasir putih dengan air jernih biru muda dengan adanya ornamen patung Kesatria Pandawa. Hamparan tebing kapur tampak keren banget untuk berfoto, apalagi ala OOTD.

5. Pantai Blue Point

Berada di Pecatu, pantai ini merupakan salah satu pusat para peselancar. Kamu bisa menjumpai beberapa toko selancar dan orang berlalu lalang membawa papan selancar.

Terdapat spot viewing deck untuk kamu yang hanya ingin bersantai dan menikmati keindahan pantai. Untuk sampai ke bibir pantai, kamu harus menuruni tangga hingga mencapai celah karang yang menghubungkan laut lepas.

6. Pantai Bingin

Selain Blue Point, kamu bisa berkunjung ke Pantai Bingin untuk bermain selancar. Ombaknya yang tinggi membuat pantai ini menjadi incaran para peselancar. Pantai ini cukup tersembunyi karena berada di balik jurang.

Mulai dari mulut jurang hingga pantai, terdapat banyak rumah yang difungsikan sebagai homestay maupun vila dengan desain tradisional. Pantai Bingin berdekatan dengan Pantai Dreamland.

7. Pantai Melasti

Pantai Melasti begitu indah dengan pasir putih dan air laut hijau emerald yang berada di balik tebing kapur. Pantai ini terkenal karena biasa digunakan sebagai upacara Melasti pada hari raya Nyepi. Sama halnya seperti pantai Pandawa, pantai Melasti memiliki kontur lokasi tebing kapur yang serupa.

Kamu bisa menikmati keseluruhan pantai sejauh 100-150 meter dari atas tebing. Karena masih dalam tahap konstruksi prasarana dan sarana, lebih baik kamu membawa bekal dari rumah.

Walau nantinya pantai tersebut sudah ramai, semoga keindahannya tetap terjaga. Hal terpenting adalah jangan sampai kamu mengotori pantai, berbuat vandalisme atau membuang sampah sembarangan.

Related posts