Super Cantik! 14 Spot Wisata Snorkeling dan Diving Terbaik di Bali

Bali merupakan pulau iconic di Indonesia yang digilai wisatawan dari seluruh dunia. Jangan ngaku backpacker atau traveller deh kalau kamu belum pernah melancong ke Bali. Bali memiliki ribuan destinasi wisata, budaya dan kuliner yang menggiurkan

Wisata yang paling menonjol di Bali adalah wisata pantai serta budayanya. Tak perlu dipungkiri lagi, hampir seluruh pantai di pulau Bali ini luar biasa indah, guys. Jadi wajar saja, Bali termasuk wisata snorkeling dan diving favorite dunia nih. Artikel kali ini akan membahas 14 spot snorkeling dan diving terbaik di Bali.

Ada apa aja sih? Kuy kita pantengin satu-satu.

1. Pulau Menjangan

 

Pertama, dimulai dari arah barat laut kota Denpasar, yaitu ada Pulau Menjangan yang letaknya cukup dekat dengan Pulau Jawa. Pulau Menjangan ini terletak di Teluk Terima, tepatnya di kawasan Taman Nasional Bali Barat, Jalan Raya Singaraja-Gilimanuk.

Pulau ini termasuk cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. Nah, di kawasan pulau ini banyak terdapat spot snorkeling yang bakalan bikin kamu terpukau nih, guys. Jika menunggu air laut agak surut, kamu bisa snorkeling agak ke tengah, disuguhkan oleh pemandangan bawah laut yang luar biasa indah dengan ikan warna warni dan tentunya coral-coral yang cantik.

Duh, benar-benar tempat penghilang stres paling ampuh. Kamu yang penat dengan rutinitas sehari-hari sangat cocok berlibur kemari. Di sekitar Pulau Menjangan ini terdapat banyak resort mewah sampai guest house yang murah meriah.

Kamu juga bisa menyewa perlengkapan snorkeling maupun diving di sini. Waktu perjalanan yang ditempuh menuju tempat ini sekitar 3-4 jam bila ditempuh dari Denpasar ke arah barat, melewati kabupaten Negara.

Lumayan jauh ya. Tapi cukup sebanding dengan keindahan original view di pulau ini.

2. Pemuteran

 

Pemuteran merupakan wisata laut sebagai tempat penangkaran terumbu karang yang sangat populer. Daerah pemuteran ini terletak kurang lebih 30km dari penyeberangan Gilimanuk, atau 55km ke arah barat dari kota Singaraja.

Lokasinya memang cukup jauh, akan tetapi kawasan pemuteran ini sangat tenang dan jauh dari hiruk pikuk kota, yang dijamin bikin kamu lebih fresh dan tenang. Snorkeling maupun diving di kawasan ini hanya dapat dilakukan di pagi hari ketika air tidak terlalu pasang.

3. Lovina

 

Berbicara soal Pantai Lovina, pasti sudah langsung ingat sama tour lumba-lumbanya kan? Tempat satu ini gak cuma tentang tour lumba-lumbanya saja, tetapi juga jadi tempat yang oke banget untuk pencinta snorkeling.

Gak percaya? Dicoba saja. Harga paket tour lumba-lumba dan snorkeling untuk orang dewasa di Lovina biasanya merogoh kocek sekitar Rp 200 ribu per orang. Wah murah banget ya. Jadi pengin ke sana nih.

4. Tulamben

 

Tulemben adalah spot terfavorit para diver dari seluruh dunia. Pasalnya, daerah wisata satu ini terkenal dengan biota lautnya yang luar biasa indah. Spot diving terkece ini juga dihiasi berbagai macam ikan warna-warni maupun ikan-ikan berukuran medium yang super duper cantik.

Bila diving di Tulamben, kamu juga akan disuguhkan pemandangan kapal karam di dasar laut bernama USAT Liberty Glo miliknya Amerika. Wah jadi gak sabar ya pengin segera liburan kemari.

5. Jemeluk Bay – Amed

 

Amed memiliki banyak sekali spot snorkeling maupun diving yang sangat populer. Seperti Jemeluk Bay yang letaknya cukup dekat dengan Pantai Vienna. Buat para pemula dan ingin mencoba snorkeling, Jemeluk Bay adalah tempat yang cocok untukmu.

Tak harus ke tengah, di pinggir pantai pun kamu bisa melakukan snorkeling. Karena pemandangan di pinggir pantai Jemeluk Beach ini sangat indah. Berani coba?

6. Vienna Beach – Amed

 

Lokasinya yang tak jauh dari Jemeluk Bay membuat pantai indah satu ini kerap juga menjadi target snorkeling dan diving para wisatawan. Lokasinya yang cukup jauh dari hiruk pikuk kota sangat disayangkan untuk dilewatkan bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu bersama alam.

Hampir mirip dengan Jemeluk Bay, Vienna Beach memiliki banyak biota laut dengan terumbu karang yang begitu asri. Tempatnya juga instagrammable untuk koleksi fotomu lho.

7. Japanese Ship Wreck – Amed

 

Mirip dengan Tulamben, Amed juga memiliki spot dengan nuansa kapal yang karam. Japanese Ship Wreck ini terletak di Lipah Bay Amed. Soal view? Kecantikan biota laut disini sangat luar biasa. Coral dan terumbu karang yang tumbuh alami di bangkai kapal Japanese Ship Wreck memberikan keeksotisan tersendiri bagi para snorkelers dan divers. Kamu tidak akan dibuat kecewa deh.

8. Nusa Penida

 

Nusa Penida adalah pulau di Bali yang paling banyak memiliki spot kece untuk snorkeling maupun diving. Saking banyaknya nih, liburan sehari di pulau ini tak akan cukup, guys! Spot paling umum diketahui oleh wisatawan adalah MantaPoint dan Crystal Bay.

Dua spot ini terletak di Nusa Penida bagian selatan. Manta Point merupakan spot terbaik untuk melihat ikan manta alias ikan pari. Biasanya di pagi hari, manta akan berjemur di permukaan laut, dan inilah waktu yang sangat tepat untuk berkenalan dengan manta-manta ini.

Eits jangan takut, guys. Katanya nihm manta-manta di sini sudah dihilangkan ekor beracun nan mematikannya. Sehingga aman untuk para penyelam. Tetapi kamu juga harus tetap waspada dan berhati-hati ya.

Manta point biasanya lebih cocok dilakukan oleh snorkelers dan para divers yang sudah pengalaman atau mempunyai jiwa adrenalin tinggi. Karena kedalaman laut di spot wisata satu ini mencapai 10-25km. Wow kebayang seperti apa dalamnya, kan?

Spot kedua adalah Crystal Bay. Nah, kawasan ini adalah surga kedua para penyelam. Kenapa? Ini adalah spot berharga untuk melihat ikan mola-mola. Sudah tahu seperti apa rupa ikan mola-mola? Silakan di Googling ya.

Tak hanya ikan Mola-mola. Kawasan ini juga terkenal dengan biota laut nan cantik yang dipenuhi hewan-hewan laut nan lucu. Suka nonton film Nemo? Nah, kamu bisa bertemu dengan Nemo, Marlyn, Dory dan kawan-kawan di sini.

Bagaimana dengan coral-coral dan terumbu karangnya? So amazing guys! Pokoknya spot ini jangan sampai terlewat deh.

9. Nusa Lembongan

 

Kecantikan Nusa Lembongan sudah tak perlu kamu ragukan lagi ya. Pulau yang terkenal dengan pesona biru eksotis pantainya ini memiliki empat spot kece yang sangat dicintai para snorkelers ataupun divers dunia.

Pertama-tama kita mulai dari sebelah utara pulau ini, yaitu pantai yang dekat dengan kawasan hutan mangrove. Di kawasan ini terdapat banyak sekali ikan-ikan kecil lucu dan menjadi spot aman untuk kamu yang baru pertama kali menyelam, karena kedalamannya hanya sekitar 2 meter.

Berikutnya terletak di kawasan Lembongan Bay, Mushroom Beach, serta Blue Corner yang cocok dijadikan spot kece untuk diving, karena letaknya yang cukup jauh dari bibir pantai. Di sini kamu bisa menikmati berbagai jenis wisata air selain snorkeling dan diving seperti watersport, sea walker atau jumping cliff. Nah, yakin gak mau kemari nih?

10. Blue Lagoon (Padang Bay)

 

Bisa dikatakan bahwa Kabupaten Karangasem merupakan surganya wisata air untuk snorkeling dan juga diving. Nah, selain beberapa tempat wisata di atas, ada satu lagi nih yang mencuri perhatian wisatawan. Blue Lagoon Beach.

Kawasan ini memiliki biota alam bawah laut yang luar biasa indah. Tak hanya di Nusa Penida, di sini juga kamu bisa melihat ikan pari, guys! Serunya lagi, Blue Lagoon sendiri memiliki banyak spot-spot kece untuk kamu yang suka foto-foto.

Yah pokoknya kalau melancong kemari kamu akan lupa waktu. Gak percaya? Coba saja langsung melancong kemari.

11. Sanur

 

Nah, kalau tempat wisata satu ini terletak di kota Denpasar, sekitar 30 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Sanur terkenal dengan pantainya yang tenang dan banyak memiliki terumbu karang, serta ikan hias yang cantik-cantik.

Apabila kamu berkunjung ke Bali, Sanur menjadi tempat wisata yang tidak boleh kamu lewatkan ya.

12. Pulau Serangan

 

Tak hanya Sanur, Pulau Serangan juga berlokasi di kota Denpasar, tepatnya 13km dari Bandara Ngurah Rai. Selain terkenal dengan tempat konservasi penyunya, Serangan juga menjadi tempat favorit para wisatawan untuk melakukan snorkeling.

Pasalnya, daerah ini terdapat sebuah Taman Safari bawah laut yang menyajikan beragam biota laut dan terumbu karang yang luar biasa indah. Taman Safari ini digagas oleh para nelayan di kawasan tersebut, yang berusaha untuk terus mengoptimalkan pengembalian keanekaragaman hayati laut yang telah rusak oleh reklamasi.

Jadi selain wisata air, Pulau Serangan juga bisa kamu jadikan sebagai tempat wisata edukasi tentang kepedulian terhadap makhluk hidup serta biota bawah lautnya.

13. Tanjung Benoa

 

Tempat snorkeling dan diving satu ini umumnya menjadi tempat wisata air yang paling umum dan sering dikunjungi wisatawan bila berkunjung ke Bali. Tak hanya menyajikan keindahan alam bawah laut yang luar biasa, tempat ini juga memiliki watersport terbaik di Bali.

Lokasi Tanjung Benoa ini cukup dekat dengan Bandara Ngurah Rai, yaitu sekitar 30 menit ke arah selatan menuju Nusa Dua. Tenang, harga paket snorkeling di sini mulai dari Rp 95 ribu. Murah banget dan kamu gak perlu jauh-jauh lagi cari tempat snorkeling yang kece.

14. Melasti Beach

 

Paling akhir ada pantai melasti. Yup betul. Pantai yang terletak di Desa Ungasan Kabupaten Badung ini sedang hits di kalangan pencinta pantai. Kawasannya yang merupakan kawasan private beach beberapa resort bintang lima nan mewah ini, menjadikan Pantai Melasti sebagai pantai yang paling sering dijadikan tempat foto prewedding sekaligus acara small wedding beberapa turis asing. Gak percaya?

Cobalah datang ke pantai ini saat tidak di hari weekend, libur maupun high season terutama di pagi atau sore hari dan saat pantai sedang surut. Absolutly, you can find the paradise in here! Kamu suka snorkeling? Nah saat pantai surut kamu bisa menyisir kubangan-kubangan kolam di pesisir pantai.

Kamu akan dibuat terpukau dengan ikan-ikan kecil, terumbu karang yang lucu, pasir putih nan cemerlang dan laut biru yang begitu menenangkan di pantai ini. Tenang semuanya bisa kamu nikmati secara gratis! Tidak ada parkir, tidak ada biaya tiket masuk, kamu hanya perlu menyiapkan peralatan snorkeling sendiri. Murah banget kan?

Nah itu dia 14 wisata air yang cocok untuk snorkeling dan diving di Bali. Jadi jangan cuma nongkrong di Kuta, Ubud, Nusa Dua maupun Seminyak aja ya, guys. Masih banyak tempat kece di Bali yang perlu kamu kunjungi. Selamat berpetualang.

Related posts