Begini Lho 7 Cara Cerdas Terima Kritikan Tanpa Sakit Hati

Tidak semua orang bisa menerima kritikan tanpa sakit hati. Banyak malah yang langsung merasa tersinggung dan malah membalas si pemberi kritik dengan kritikan yang tak kalah pedas. Sebenarnya, semuanya tergantung bagaimana kamu menganggap kritikan tersebut. Kalau kamu keburu marah, maka kamu tidak akan berkembang.Di bawah ini adalah 7 cara cerdas terima kritikan tanpa sakit hati. Sebaiknya kamu mulai pikirkan untuk menjadi orang dengan pemikiran terbuka yang bisa menerima semua kritikan dengan lapang dada. Kalau sedikit-sedikit marah, kapan majunya?

1. Ambil waktu untuk berdiam dan mencerna kritikan tersebut.

Jangan langsung panas dan menjadi orang yang bertelinga tipis. Sepintar apapun kamu, percuma saja jika kamu memiliki telinga yang tipis. Ambil waktu untuk mencerna makna dari kritikan tersebut. Apakah itu bermaksud baik, atau justru sebaliknya. Dengan begitu kamu bisa tahu langkah apa yang akan kamu ambil selanjutnya.

2. Jangan marah, tarik napas dalam dan temukan keinginan untuk tenang.

Sekalipun kamu tersinggung dengan kritikan tersebut. Cobalah untuk menenangkan dirimu sendiri dan menemukan keinginan untuk menjadi tenang. Selain itu, kamu juga jangan terpancing untuk emosi atau membalasnya. Tenanglah dulu.

3. Pahami bahwa kamu beruntung karena kamu diperhatikan.

Jika seseorang mengkritikmu, itu artinya kamu diperhatikan olehnya dan kamu harus bangga tentang itu. Cara ini bisa jadi cara yang cerdas karena kamu tidak akan marah malahan merasa bangga bahwa ada orang lain yang memperhatikanmu.

4. Pahami bahwa kritikan itu baik untuk membuatmu maju.

Jika kamu menganggap itu sebagai hambatan, kamu sendiri yang akan rugi. Justru jadikan itu sebuah pijakan untuk membuatmu maju dan berkembang. Jangan lagi berpikir kamu tersinggung oleh kata-kata tersebut, tapi pikirkan kamu yang akan menjadi lebih baik nantinya.

5. Berkompromi dengan perasaan tidak terima.

Terimalah perasaan tidak terimamu itu. Tersinggung hanya akan membuatmu terlihat seperti kekanak-kanakan. Kamu harus bisa menerima bahwa kamu sedang dikritik, itu artinya kamu sedang belajar menjadi lebih maju lagi.

6. Yakinlah bahwa dia memiliki maksud baik untukmu.

Jika seseorang mengkritikmu, berpikirlah postif dan ketahui bahwa dia memiliki maksud baik untukmu. Itu artinya kamu masih punya potensi untuk berkembang lebih lagi. bayangkan saja jika kamu dibiarkan begitu saja, tandanya kamu malah dinilai tidak bisa berkembang.

7. Ambil ini sebagai kesempatan untuk mengembangkan dirimu.

Justru ini kesempatanmu untuk mengembangkan dirimu. Semua orang tidak bisa menilai dirinya seperti apa. Orang lainlah yang melakukannya. Jadi kalau ada yang menilaimu, jadikan itu acuan untuk membuatmu lebih naik.

Terapkan semua hal di atas saat ada orang klain yang mengkritikmu tentang sesuatu. Pahami bahwa kamu beruntung kamu masih diperhatikan. Jangan marah dan malah berpikiran negatif dulu. Selama kamu menyikapi semuanya dengan kepala dingin maka masalah apapun pasti bisa diselesaikan dengan baik.

Related posts