Kamu nggak Pernah stres? Jangan Bangga Dulu, Ini Kata Pakar Kejiwaan

Pernahkah kamu merasa stres? Jika jawabannya iya, tandanya kamu masih normal. Tapi jika jawabannya tidak, pakar kejiwaan sebut ada yang salah dalam hidupmu.

Ketua Pengurus Pusat Persatuan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia ( PP-PDSKJI), dr Eka Viora, SpKJ, mengatakan stres sebenarnya dibutuhkan oleh manusia sebagai dorongan untuk melakukan sesuatu. Karena itu sangat normal jika seorang manusia merasakan stres dalam kehidupannya.

“Kalau tidak pernah stres bisa dibilang kehidupannya monoton, hampir tiada terasa gairah hidup, tidak punya motivasi untuk berkembang,” tutur dr Eka dalam temu media Hari Kesehatan Jiwa Sedunia di Kementerian Kesehatan, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

dr Eka menjelaskan bahwa sejatinya stres adalah respons tubuh terhadap munculnya tantangan. Jika dikelola dengan baik, stres bisa menjadi dorongan seseorang untuk menyelesaikan masalah untuk bisa berkembang.

Nah, bahaya muncul ketika stres tidak dikelola dengan baik. Stres tidak lagi menjadi dorongan untuk menyelesaikan masalah, dan malah membuat seseorang lebih malas, tidak bergairah hingga menyebabkan banyak dampak negatif.

“Jadinya malah makin lesu, gampang marah dan tersinggung, yang bisa berujung pada perilaku kekerasan, penyalahgunaan narkoba hingga depresi,” urainya.

Oleh karena itu pengelolaan stres harus dilakukan secara tepat. Dalam tahap awal, stres bisa dikelola dengan cara curhat atau melakukan hobi yang disenangi. Namun jika sudab sampai tahap mengganggu kesehatan fisik dan produktivitas, tak ada salahnya mencari bantuan profesional seperti psikolog dan psikiater.

“Jadi jangan hidupnya nggak ada stres, tapi stresnya dikelola supaya jadi pendorong dan bukannya malah menimbulkan dampak negatif,” tutupnya.

Related posts